Manga dan NovelNews

Akhir Manga Shingeki no Kyoujin Tinggal 1-2% Lagi

Kreator manga Shingeki no Kyoujin, Isayama Hajime, melaporkan pada hari Minggu jika manganya tinggal 1-2% lagi sampai selesai. Isayama-sensei berbicara mengenai hal ini di acara pembukaan patung ketiga karakter utama manganya yang berlokasi di Bendungan Oyama, Kota Oyama tempat kampung halamannya. Dia menambahkan bahwa dia tengah mengatur semua bidak terakhir seperti akhir pertandingan game shogi (catur Jepang).

manga shingeki no kyoujin

Isayama-sensei meluncurkan manga Shingeki no Kyoujin di majalah manga Bessatsu Shōnen Magazine milik Kodansha sejak tahun 2009. Kodansha mempublikasi volume ke 32 manganya pada 9 September kemarin. Kodansha Comics mempublikasi manganya dalam bahasa Inggris secara digital dan cetak dan merilis volume ke 31 pada 25 Agustus.

Isayama-sensei pernah mereview draf layout kasar untuk panel akhir seri manganya pada program dokumentari Jōnetsu Tairiku dari MBS pada November 2018 dan menyatakan pada Desember tahun kemarin jika dia berniat menyelesaikan manganya pada tahun ini.

Edisi bulan Desember dari majalah Bessatsu Shōnen Magazine mengumumkan pada Senin jika manganya akan mendapatkan serialisasi full warna di majalah mereka. Mereka tidak menyebutkan kapan edisi full warna tersebut akan diluncurkan, tapi serialisasi itu adalah proyek kedua dari tujuh proyek baru majalah manga tersebut.

Season pertama seri anime Shingeki no Kyoujin yang didasarkan dari manganya telah tayang pada April 2013. Seaon keduanya kemudian tayang pada April 2017. Bagian pertama dari season ketiganya tayang pada Juli 2018 dan bagian keduanya tayang di Jepang pada April 2019. Season terakir dari seri anime ini dijadwalkan akan tayang lewat saluran TV NHK pada 7 Desember.

Manganya juga telah banyak dibuat versi manga dan novel spin-off nya, anime spin-off, video game, dan juga proyek film live action. Seri manga ini dilaporkan telah dicetak lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia.

Sumber
Anime News Network

Artikel Bersangkutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button