FeaturedNews

Comiket 99 Dibatalkan! Bidik Golden Week Tahun 2021 untuk Event Selanjutnya

Website ofisial Comic Market aka Comiket, mengumumkan pada hari ini, 12 Juli, jika event musim dingin mereka, Comiket 99, akan dibatalkan karena pandemi virus corona (COVID-19) dan sulitnya menyelenggarakan event ditengah persiapan Tokyo menuju Olimpiade 2020 Jepang yang diundur ke tahun 2021.

Komite Persiapan Comic Market menjelaskan jika mereka terus bekerja untuk event musim dingin sebelum Tokyo Big Sight, tempat Comiket biasa digelar, merilis ‘Petunjuk Pencegahan’ mereka untuk melawan virus corona. Komite meneliti apakah mungkin untuk melaksanakan event dibawah petunjuk tersebut dan menyimpulkan bahwa hal itu tidaklah mungkin. Jadi mereka memutusan untuk membatalkan Comiket musim dingin.

Ditambah lagi, karena Hall Timur di Tokyo Big Sight saat ini sedang dicoba untuk Olimpiade, Comiket 99 kemungkinan akan lebih dari empat hari. Namun, mereka tidak bisa menjamin ketersediaan tempat yang dibutuhkan komite karena sebelumnya komite hanya memesan tempat selama tiga hari saat pandemi belum muncul.

Komite juga menambahkan bahwa Makuhari Messe pun, yang berlokasi di Chiba dan tempat untuk event terbesar kedua di Tokyo, tidak akan mampu untuk menampung besarnya event Comiket musim dingin yang biasanya diselenggarakan selama tiga hari pada bulan Desember.

Karena itu, event ‘Air Comiket’ direncanakan akan dilakukan selama libur akhir tahun untuk mengganti event yang dibatalkan. Jadwal Comiket selanjutnya direncanakan akan dilakukan selama libur Golden Week di tahun 2021. Informasi lebih lanjut tentang ini akan dirilis pada musim gugur 2020.

Penyelenggara dalam pernyataannya juga meminta bantuan Pemerintah Jepang untuk mengurangi beban mereka terhadap biaya pembatalan event, biaya pergantian tempat, dan biaya lain yang mungkin muncul agar event seperti Comiket bisa tetap ada setelah pandemi berakhir.

Sumber
Crunchyroll

Artikel Bersangkutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button