AnimeFeaturedNews

Film Anime Porco Rosso Terpilih sebagai Film Pemenang Terbaik dalam Sejarah Festival Film Annecy

Annecy International Animated Film Festival memiliki sejarah panjang dalam memberikan penghargaan tertinggi kepada produksi animasi terbaik. Anime sendiri bukanlah hal asing bagi penghargaan Cristal du long métrage (Cristal untuk Film Unggulan). Tercatat ada Porco Rosso karya Miyazaki Hayao, Pom Poko karya Takahata Isao, dan Lu Over the Wall karya Yuasa Masaaki yang pernah menerima penghargaan tersebut.

Untuk merayakan 60 tahun penghargaan tersebut, Annecy International Animated Film Festival meminta para pengguna internet untuk memilih mana film terbaik dari para pemenang penghargaan Cristal dalam sejarah Festival Fim tersebut.

Film yang mengambil posisi teratas dengan total 32% suara dalam voting tersebut adalah film anime klasik tahun 1992 dari Studio Ghibli yaitu Porco Rosso yang dibuat oleh Miyazaki Hayao. Film anime tersebut memenangkan penghargaan Cristal di tahun 1993.

Porco Rosso berhasil mengungguli Fantastic Mr. Fox karya Wes Anderson di posisi kedua dengan total suara lebih dari dua kali lipat. Posisi ketiga ditempati oleh film Swiss-Prancis tahun 2016, My Life as a Zucchini, karya Claude Barras. Posisi keempat ditempati oleh film karya Jérémy Clapin, I Lost My Body, yang dirilis pada tahun 2019.

Akibat pandemi COVID-19, Annecy International Animated Film Festival 2020 dilaksanakan secara online dari 15 sampai 30 Juni 2020. Pada tahun ini penghargaan Cristal du long métrage jatuh kepada film karya Rémi Chayé, Calamity, une enfance de Martha Jane Cannary (Calamity, a Childhood of Martha Jane Cannary).

Sumber
Crunchyroll
Tanda

Artikel Bersangkutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close