FeaturedNews

Kyoto Animation Raih Penghargaan WIA Diversity Awards 2020 dari Women in Animation

Studio anime Kyoto Animation, studio yang memproduksi banyak anime populer seperti Koe no Katachi, K-ON!, Hibike! Euphonium, Violet Evergarden, dan masih banyak lagi, menerima penghargaan WIA Diversity Awards tahun 2020 dari Women in Animation berkat “komitmen luar biasa menciptakan tempat kerja dengan gender seimbang,” berdasarkan laporan dari Variety.

Pihak lain yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Laurence Ralph (The Torture Letters) dan Maria Trenor (Where Were You?).

Women in Animation adalah organiasai non-profit yang “berdedikasi untuk membuat suara perempuan didengar.” Organisasi tersebut meluncurkan penghargaan WIA Diversity Awards empat tahun lalu dengan Spark Computer Graphics Society yang menilai para pelaku industri animasi, baik itu orang, film, atau perusahaan, yang membuat dampak signifikan dalam menaikkan kesetaraan gender.

kyoto animation

Wakil Presiden dari Women in Animation, Gotoh Jinko, yang saat ini bekerja sebagai produser di Netflix, berkata bahwa “Sebuah kehormatan memberikan penghargaan penting ini kepada Kyoto Animation. Sebagai seorang produser sendiri, saya sangat bangga sekali kepada cara Kyoto Animation memiliki prinsip inklusif yang sama dengan WIA dalam mempekerjakan ilustrator wanita dan juga komitmen mereka untuk melatih para stafnya. Mereka juga telah memperlihatkan keberanian yang luar biasa dalam menghadapi tragedi yang mengerikan.”

Studio tersebut memang menjadi pemimpin dalam hal kesetaraan gender di tempat bekerja di industri anime Jepang. Mereka dikenal luas sebagai satu-satunya studio anime yang membayar dengan layak para staf animasi mereka, termasuk juga berbagai bonus di dalamnya.

Jumlah persentase karyawan perempuan mereka juga signifikan, khususnya mereka yang berada di posisi yang lebih tinggi. Para stafnya juga dilatih di sekolah Kyoto Anmation, dengan persentasi siswa perempuannya juga tinggi.

Karena itu, dunia begitu terkejut ketika pada 18 Juli 2019, studio Kyoto Animation mengalami insiden pembakaran yang disengaja. Insiden mengerikan tersbut merenggut nyawa 36 dari 70 orang staf yang pada hari itu sedang berada di gedung Studio 1.

Sumber
Crunchyroll

Artikel Bersangkutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button