FeaturedNews

Pandangan Sutradara Kuboyama-san tentang Terhentinya Produksi Anime Saat Ini

Sudah banyak anime dan film anime yang ditunda penayangannya akibat semakin maraknya penyebaran virus corona di Jepang hingga membuat pemerintah Jepang menetapkan keadaan darurat pada tujuh perfektur, termasuk Tokyo – dimana sebagian besar anime dibuat. Hal ini menyebabkan gangguan dalam banyak proses pembuatan anime.

Pada 12 April kemarin, sutradara episode anime Kuboyama Eiichi, yang pernah bekerja pada episode 19 dan 25 Season dua Anime Monogatari, sutradara unit Hanamonogatari, dan sutradara episode 5 dan 12 anime Watashi, Nouryoku wa Heikinchi dette Itta yo ne!, mentweet tentang pendapatnya mengenai pandemi ini dan bagaimana itu mempengaruhi produksi anime, dari sudut pandang pribadinya.

 “Orang-orang sering berkata jika anime harus dihentikan hanya karena perekaman suara, tapi saya tidak setuju dengan itu. Sejujurnya, menutup studio anime tidak akan berpengaruh banyak. Tapi jika studio photography (penggabungan) ditutup, jumlah pekerjaan yang bisa selesai akan jatuh. Juga, meski beberapa seri ditunda dari April ke Juli, saya ragu mereka bisa berhasil jika keadaan masih seperti ini. Saya punya perasaan seperti itu.”

 “Studio Photography” yang Kuboyama-san maksud adalah tentang proses terakhir dari produksi anime secara fisik, dimana gambar yang telah selesai discan ke komputer lalu dibersihkan dan disatukan menjadi animasi. Beberapa studio, bergantung pada alur kerja mereka, menggambar seluruh animasi secara digital, jadi tidak perlu proses scanning. Namun, bagi kebanyakan studio, anime tetap digambar secara manual di kertas dan perlu discan dengan scanner khusus. Meski kertas dan pena bisa dibawa pulang, mesin scanner khusus ini tidak mungkin.

Meski beberapa studio anime bisa melakukan pekerjaan dari rumah, jadi hal yang berbeda dengan perusahaan yang berspesialisasi pada peralatan khusus.

Ketika ditanya lebih jauh tentang perekaman suara, terutama tentang para seiyuu yang datang satu-satu ke studio atau melakukan perekaman dirumah, Kuboyama-san menjawab,

 “Jika kamu mencoba itu, kamu harus mendesinfektan tempat perekaman setiap kali ada seiyuu yang datang, dan juga itu berbahaya karena sutradara dan director suara harus terus berada di dalam. Saya rasa jika para seiyuu bekerja dari rumah, kualitas suaranya akan buruk.”

Dalam situasi sekarang kita semua tidak tahu apakah akan ada lagi anime musim ini yang harus didelay  atau akan ada penundaan lagi untuk anime yang dijadwalkan ulang tayang pada bulan Juli, seperti yang Kuboyama-san prediksikan. Kita semua cuma berharap semua orang bisa tetap sehat dan kondisi sekarang bisa cepat berakhir.

Sumber
crunchyroll

Artikel Bersangkutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button