FeaturedNews

Patung Luffy di Kota Kumamoto Membawa Miliaran Yen ke Sektor Pariwisata Lokal

Di tahun 2016, Perfektur Kumamoto dilanda bencana gempa bumi 7,0 SR yang menghancurkan kota-kota kecil dan besar dengan korban jiwa 50 orang. Oda Eiichiro, mangaka One Piece yang asli kota Kumamoto, tidak mau berdiam dan melihat tempat kelahirannya dalam masalah, menyumbang 800 juta yen (111 miliar rupiah) untuk usaha pemulihan, 500 juta yen atas nama Luffy dan 300 juta yen atas namanya sendiri.

Untuk berterima kasih pada Oda-sensei atas donasi besarnya, pemerintah Perfektur Kumamoto saat ini sedang membuat 8 patung anggota bajak laut topi jerami di perfekturnya, dengan biaya sekitar 10 juta yen (1,4 miliar rupiah) per patung.

Saat ini tiga patung telah dipasang, Luffy di depan Kantor Perfektur Kumamoto di Kota Kumamoto, Sanji di Kota Mashiki, dan Usopp di Kota Aso. Patung Chopper dan Brook seharusnya sudah dipasang di bulan Maret 2020, namun ditunda karena pandemi COVID-19.

Kalian mungkin bingung kenapa pemerintah Kumamoto memutuskan untuk mengalokasikan sebagian uang donasinya untuk membuat patung daripada untuk usaha pemulihan dari bencana gempa bumi. Yah, ini karena 66 mahasiswa dari Universitas Shokei mensurvey jumlah pengunjung patung Luffy antara 19 Oktober 2019 hingga 20 Januari 2020.

Mereka  menemukan bahwa estimasi nilai ekonomis patung Luffy dalam setahun adalah 2.671.970.000 yen (370 miliar rupiah) dengan estimasi 55.121 orang mengunjungi Kota Kumamoto hanya untuk melihat patung raja bajak laut tersebut.

Jika kalian membagi jumlah nilai ekonomisnya dengan jumlah pengunjung, kita bisa berestimasi bahwa 48.474 yen (67,5 juta rupiah) akan didapatkan oleh ekonomi lokal Kumamoto dari setiap pengunjung. 8% dari pengunjung yang disurvey adalah fans One Piece dari luar negeri. Hal ini berarti patung Luffy bisa membiayai pembuatannya sendiri sebanyak 267 kali setahun!

Laporannya diberikan pada Gubernur Perfektur Kumamoto bersama Luffy-Kumamon

Surveynya menemukan bahwa orang-orang yang mengunjungi patungnya juga pergi ke tempat wisata lain seperti Kastil Kumamoto, restoran setempat, dan menginap di hotel sekitar. Salah satu mahasiswa yang terlibat “terkejut” dengan jumlah yen yang dihasilka oleh patung Luffy, sementara mahasiswa lain telah “menduga” hasil tersebut, berkata “Saya pikir jika patung anggota lain dibuat, angkanya pasti akan lebih besar.”

Sumber
Crunchyroll

Artikel Bersangkutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button