FeaturedNews

Penggalangan Dana untuk Museum Ghibli Capai 2 x Lipat dari Target dalam 5 Hari

Pada 15 Juli kemarin penggalangan dana untuk membantu Museum Ghibli lewat program Furusato Nozei, yang juga dikenal sebagai “sistem pajak kampung halaman”, telah dilakukan lewat website Furusato Choice, dan hanya dalam waktu sepuluh menit target dana yang diharapkan sebesar 10 juta yen (sekitar 1,3 miliyar rupiah) langsung tercapai. Kini setelah lima hari lewat, jumlah tersebut sudah melewati dua kali lipat target dana yang diharapkan.

Kota Mitaka, tempat dimana museum berada, mengajukan penggalangan dana ini untuk membantu Museum Ghibli yang kesulitan selama pandemi COVID-19. Dana ini akan digunakan untuk membantu biaya rekonstruksi dan perbaikan museum. Laporan dari Kota Mitaka menyebutkan jika Museum Ghibli terus mengalami penurunan pendapatan sejak COVID dimulai karena penutupan dan pembatasan pengunjung. Karena menurunnya pendapatan ini, pihak museum tidak bisa melakukan pemeliharaan dan perbaikan.

Museum Ghibli

Kota Mitaka merencanakan dana sebanyak 8,34 juta yen (sekitar 1,1 miliar rupiah) akan diberikan pada museum untuk dukungan operasional dan sisanya sebesar 1,66 juta yen (sekitar 220 juta rupiah) untuk biaya kantor dan juga gaji. Karena penggalangan dananya saat ini telah tembus lebih dari 22,5 juta yen (sekitar 3 miliar rupiah), kelebihan dana itu akan diberikan kepada Tokuma Memorial Cultural Foundation for Animation.

Organisasi tersebut adalah induk yang mengawasi museum dan dikepalali langsung oleh Hayao Miyazaki sendiri. Para donatur yang menyumbang lebih dari 5.000 yen akan mendapatkan sebuah postcard “terima kasih” dari organisasi itu.

Hampir 3.000 orang di seluruh Jepang telah ikut berdonasi selama lima hari pertama kampanye ini, dimana kampanye ini tidak dibuka untuk para fans internasional, dengan jumlah target total sekitar 225 % selama 196 hari lagi hingga ditutup.

Sumber
Crunchyroll

Artikel Bersangkutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button