FeaturedManga dan NovelNews

Penjualan Manga di Toko Buku Jepang pada 2020 Naik 31,5% berkat Kimetsu no Yaiba

Pada 22 Februari kemarin, Nihon Shuppan Hanbai (Nippan), sebuah agensi penerbit besar di Jepang, telah mengumukan jika penjualan dalam toko pada tahun lalu naik sebesar 4,3% dibandingkan tahun kemarin berdasarkan sebuah survey yang diambil dari data penjulan toko (berasal dari sekitar 1.700 toko).

Ini adalah pertama kalinya sejak survey tersebut dimulai pada tahun 2000 jumlah penjualan bisa melewati tahun sebelumnya. Total seluruh penjualan diangka positif setiap bulannya kecuali di bulan April, yang terkena dampak akibat deklarasi keadaan darurat yang dikeluarkan oleh pemerintah Jepang.

manga kimetsu no yaiba

Diantara semua penjualan, jumlah penjualan manga yang mengalami kenaikan signifikan sebesar 31,5%. Sukses besar yang dialami oleh seri manga Kimetsu no Yaiba karya Gotouge Koyoharu, dimana penjualannya mencetak rekor sebanyak 150 juta kopi sejak diterbitkan pada 2016, mendorong penjulan manga di seluruh toko buku di Jepang. Di sisi lain, penjulan buku menurun sebesar 1% dan majalah juga turun sebesar 8,7%.

Seperti yang dilaporkan pada bulan kemarin, The Publishing Science Institute, yang melakukan penelitian dan survey pada industri percetakan, telah mengumumkan jika total estimasi penjulan buku dari edisi cetak dan digital di Jepang pada tahun 2020 adalah sebesar 1.616,8 miliar yen (sekitar 215 triliun rupiah). Angka tersebut naik sebanyak 5% dari 2019 yang juga berkat besarnya popularitas seri manga Kimetsu no Yaiba.

Sumber
Crunchyroll

Artikel Bersangkutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button