AnimeFeaturedNews

Seri Hibike! Euphonium adalah Wajah Sensus Nasional Jepang 2020 di Kyoto

Setiap 5 tahun, Jepang mengadakan sensus nasional, memberi kesempatan pada setiap keluarga untuk menyuarakan suara mereka dan membuat negara menjadi tempat yang kebih baik. Tahun ini, untuk menaikkan kesadaran akan program ini, seri Hibike! Euphonium karya studio Kyoto Animation akan mempromosikan sensus di perfektur Kyoto, rumah asal serinya dan studio yang membuatnya.

Akun twitter @rinoneutral melihat promosi tersebut kemarin pagi saat pergi menggunakan krl lokal:

Dalam poster tersebut Kumiko berkata: “Semua keluarga dan orang yang tinggal di Kyoto termasuk, jadi mari bekerjasama bersama!”

Sensus Jepang didasarkan dari dimana pemilik rumah tinggal pada 1 Oktober sampai 7 Oktober. Lembar sensus yang dikirim via pos akan dimulai pada 14 September, tapi versi onlinenya yang hadir dalam beberapa bahasa akan tersedia bagi mereka yang ingin lebih “ramah lingkungan,” meski versi cetaknya tetap akan dikirim. Jika penghuni tidak mengembalikan sensus pada 7 Oktober, petugas sensus akan datang dan meminta lembar sensusnya.

Penggunaan seri anime untuk mempromosikan sensus bukanlah hal aneh di Jepang, termasuk di perfektur Kyoto. Bagi Kyoto Animation sendiri bukan kali ini saja seri produksi mereka digunakan untuk promosi. Di tahun 2010, K-ON! membantu mempromosikan programnya dengan poster yang dibuat secara khusus dan menggunakan bahasa Jepang, Korea, dan Inggris.

Di tahun 2015, seri anime Inari Kon Kon digunakan untuk promosi sensus di perfektur Kyoto. Hal ini karena nama karakter utama dari seri tersebut diambil dari kuil terkenal di Kyoto, Kuil Fushimi Inari-taisha. Posternya bisa kalian di atas.

Sayang sekali di Indonesia tidak ada model promosi seperti ini ya. Sebagian besar menggunakan wajah bapak Presiden kita dan wajah petugas sensus yang tidak kita kenal sama sekali. Bapak Presiden mah harus, tapi yang petugas sensus mending diganti sama tokoh terkenal misal, toh yang datang ke rumah kita juga bukan petugas yang diposter wkwkwk. Just kidding ya…

Sumber
Crunchyroll

Artikel Bersangkutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button