FeaturedNews

Studio Anime Ufotable dan Pendirinya Didakwa Melanggar Pajak Sebesar 139 Juta Yen

Studio anime adalah bisnis yang besar, terutama untuk studio seperti Ufotable, yang memiliki kafe dan merchandise mereka sendiri, seta beberapa anime yang menjelma menjadi salah satu franchise terbesar di dunia saat ini, jelas akan makin sulit untuk dikelola. Terkhusus setelah pendiri dan presiden studionya, Kondo Hikaru, berdasarkan laporan Mainichi pada 3 juni, diduga mengambil 30% keuntungan perusahaan dan menyimpannya secara pribadi.

Setelah penyelidikan mendalam, Kantor Jaksa Umum Distrik Tokyo mendakwa studio Ufotable dan Kondo Hikaru dengan Pasal Pajak Perusahaan dan Pasal Pajak Konsumsi secara berturut-turut.

Kondo-san diduga telah memindahkan pendapatan dari kafe di Tokyo yang dikelola oleh Ufotable dan dengan sengaja memanipulasi laporan laba rugi di tahun 2015, 2017, dan 2018. Menyembunyikan sekitar 446 juta yen dari Kantor Pajak Daerah Tokyo, yang membuat laporan atas perbuatan Kondo dan Ufotable pada April 2019.

Pengelabuan pendapatan tersebut membuat Kondo-san diduga menghindari pembayaran pajak sebesar 110 juta yen atas pajak perusahaan dan 29 juta yen atas pajak konsumsi. Terduga Kondo-san menggunakan uang tersebut untuk membiayai lebih banyak proyek di Ufotable

Ufotable merilis pernyataan dalam websitenya atas dakwaan tersebut, berkata bahwa mereka telah membayar kembali seluruh pajak terutang atas periode tersebut dan jika mereka sedang bekerja dengan Kantor Pajak Daerah Tokyo untuk mematuhi seluruh hukum dan aturan dan menciptakan lingkungan produksi yang berkelanjutan untuk menciptakan karya yang lebih baik.

Ufotable merupakan studio anime yang banyak melahirkan anime-anime populer di dunia, termasuk Kimetsu no Yaiba, Fate/stay night: UBW, Fate/Zero, Kara no Kyoukai, dan seri film Fate/stay night [Heaven’s Feel].

Sumber
Crunchyroll

Artikel Bersangkutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button