News

Tersangka Pembakaran Studio Kyoto Animation Akhirnya Resmi Ditahan!

Sudah 10 bulan berlalu semenjak kejadian pembakaran studio Kyoto Animation terjadi. 36 orang tewas akibat serangan tak manusia tersebut, termasuk sutradara anime Suzumiya Haruhi no Yuutsu Takemoto Yasuhiro, animator legendaris Kigami Yoshiji, kepala pengarah animasi Free! Nishiya Futoshi, desainer karakter Hibike! Euphonium Ikeda Shouko, dan masih banyak lagi. 35 orang lainnya terluka termasuk tersangka pembakaran.

Sejak kejadian tersebut, tersangka Aoba Shinji mendapatkan perawatan akibat luka bakar yang dideritanya. Polisi Kyoto mendapatkan surat perintah untuk menahan tersangka sejak Oktober tahun lalu dan terus menunggu hingga keadaan tersangka stabil untuk bisa secara resmi menahannya.

Selain itu, dikarenakan kurangnya fasilitas pada Pusat Penahanan Polisi Kyoto dan juga pandemi virus corona (COVID-19) di Jepang yang menutup Pusat Penahanan Polisi Osaka setelah salah satu stafnya terinfeksi, polisi di kedua perfektur tersebut ragu-ragu untuk secara resmi menahan tersangka.

Namun, pada tanggal 26 Mei kemarin, pengumuman tersebut akhirnya datang. Secara resmi pada hari ini tanggal 27 Mei tersangka akhirnya ditangkap dan akan ditahan di Pusat Penahanan Polisi Osaka sampai persidangan oleh pengadilan dilakukan.

studio-1-kyoani
Studio 1 Kyoto Animation pada November 2019 (Foto: Daryl Harding)

Gedung Studio 1 Kyoto Animation yang terbakar telah dihancurkan sebulan yang lalu, dengan rencana untuk memanfaatkan bekas tempatnya masih dibahas. Film terakhir dari studio tersebut, Violet Evergarden The Movie, masih ditunda penayangannya. Film anime Free! selanjutnya yang dijadwalkan tayang saat Olimpiade Tokyo juga masih ditunda. Jadwal tayang terbaru dari kedua film tersebut juga belum diumumkan kembali.

Staf Kyoto Animation saat ini masih tetap bekerja, meski tak diketahui apakah pekerjaan animenya masih berlanjut atau tidak. Hanya website studio yang akan terus diupdate dan order domestik dari Toko Online KyoAni yang akan dikirimkan. Toko fisiknya masih tetap ditutup karena keadaan darurat yang masih dilakukan di Perfektur Kyoto.

Sumber
Crunchyroll

Artikel Bersangkutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button