AnimeFeaturedManga dan NovelNews

Toyo Keizai: Dampak Ekonomi Kimetsu no Yaiba di 2020 Capai 1 Triliun Yen

Tidak bisa diragukan lagi jika impak dari Kimetsu no Yaiba sangatlah besar. Penerbit media bisnis asal Jepang, Toyo Keizai, kemarin telah merilis sebuah laporan yang mengestimasikan dampak ekonomi yang diberikan oleh franchise tersebut, mengungkapkan seberapa besarnya dampak yang diberikan di tahun 2020. Laporan itu menyebutkan bahwa dampak ekonomi yang diberikan oleh Kimetsu no Yaiba mencapai total angka 1 triliun yen (sekitar 130 triliun rupiah)!

Toyo Keizai menjabarkan secara detail darimana angka tersebut berasal. Diestiimasikan sekitar 900 miliar yen (sekitar 117 triliun rupiah) dari jumlah tersebut didapat dari area merchandise, termasuk semua kolaborasi makanan, kolaborasi dengan Mugen Train, kolaborasi minuman kopi, dan berbagai penjualan dari merchandise yang hampir semuanya, jika tidak seluruhnya, berasal dari penjualan domestik hingga dan termasuk tahun 2020.

kimetsu no yaiba

Seri manga original Kimetsu no Yaiba sendiri telah tercetak dan terjual hingga 125 juta kopi di tahun 2020, membawakan sekitar 44 miliar yen (sekitar 5,7 triliun rupiah), sementara penjualan dari disc seri anime Unwavering Resolve Arc memberikan sekitar 500 juta yen (sekitar 65 miliar rupiah) dari penjulan DVD dan Blu-ray lebih dari 87.000 kopi.

Single “Gurenge” dari LiSA terjual hingga 760.000 kopi dan menyumbangkan pendapatan sekitar 500 juta yen (sekitar 65 miliar rupiah) di tahun 2020, meski angka ini kemungkinan besar sudah termasuk royalti dari download, subscription, dan juga karaoke.

Sementara dari film anime Mugen Train yang memecahkan banyak rekor domestik, Toyo Keizai menyebutkan jika film anime tersebut mendapatkan 51,5 miliar yen (sekitar 6,7 triliun rupiah) dari seluruh dunia, namun berdasarkan laporan dari angka box office di seluruh dunia film anime tersebut mendapatkan sekitar 55,5 miliar yen (sekitar 7,2 triliun rupiah).

Versi Blu-ray dan DVD dari film anime tersebut telah dirilis pada awal tahun ini, menjual 1,5 juta kopi dan menambahkan pendapatan 10 miliar yen (sekitar 1,3 triliun rupiah), meski jumlah ini tidak dimasukan dalam laporan dampak ekonomi dari franchise Kimetsu no Yaiba oleh Toyo Keizai.

Sumber
Crunchyroll

Artikel Bersangkutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button